Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mudah Merawat Gigi Dan Mulut Alami Tanpa Dokter

 http://sidomi.com/wp-content/uploads/2012/10/tiffany-640x472.jpg
Cara Mudah Merawat Gigi Dan Mulut Tanpa Dokter by Zadzan - Menurut World Health Organization (WHO), pada 2012 ada sekitar 60-90 persen penduduk sebuah negara yang mengalami gigi berlubang. Dan gigi berlubang adalah “investasi untuk penyakit-penyakit kronis,” jelas Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS. Bagaimana menjaga gigi?

Untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat, beberapa hal – yang kadang terdengar remeh - perlu dilakukan. Berikut tips soal bagaimana merawat gigi Anda:
  1. Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi? Setelah makan pagi dan sebelum tidur.
  2. Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
  3. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.
  4. Berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi.
  5. Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut.
  6. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.
  7. Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri.
  8. Batasi anggur merah, kopi, dan teh.
  9. Berhenti merokok.
  10. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin. 
Apakah Anda mempunyai kesehatan gigi dan mulut yang baik? Cek kesehatan gigi dan mulut Anda dengan indikator berikut.

Gigi putih
Gigi yang putih tidak hanya membuat senyuman Anda terlihat indah dan menawan. Namun gigi putih juga menandakan bahwa tidak ada lapisan kotoran yang menempel di gigi Anda. Untuk mendapatkan gigi yang putih, Anda harus menyikat gigi secara rutin setidaknya 2 kali sehari.

Gusi merah muda
Warna gusi yang merah muda menunjukkan bahwa ada aliran darah yang cukup di gusi Anda. Gusi yang sehat juga bermanfaat untuk menahan gigi agar tetap di tempatnya. Oleh karena itu Anda juga harus berhari-hati terhadap setiap pendarahan yang terjadi di gusi Anda.

Lidah lembap
Lidah lembap dan tidak kering menunjukkan bahwa lidah Anda sehat. Lidah yang lembap juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang mampu membuat gigi menjadi busuk. Anda pun dapat menjaga kebersihan lidah dengan selalu menyikat lidah sesaat setelah menggosok gigi.

Tidak ada gigi berlubang
Lubang yang terletak di gigi dapat merusak kesehatan gigi Anda. Sebab lubang tersebut menjadi tempat kuman bersembunyi hingga kemudian bertumbuh.

Dapat mengunyah dengan baik
Jika Anda dapat mengunyah dengan baik, maka itu menandakan gigi Anda kuat. Selain itu ketika Anda tidak merasakan ngilu saat mengonsumsi makanan yang dingin, hal itu juga menandakan bahwa gigi Anda bukanlah gigi sensitif.
 

Nah,saat Anda mengalami bau mulut, cobalah untuk mengunyah makanan sehat ini :

Kapulaga
Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang mampu menyegarkan mulut Anda dengan cara yang alami. Kunyahlah 1 atau 2 kapulaga untuk membuat napas Anda menjadi segar.

Cengkeh
Selain mampu mengobati batuk dan pilek secara alami, cengkeh juga mampu menyingkirkan bau mulut Anda.

Daun mint
Sebagian besar produk penyegar mulut mengandung mint di dalamnya. Jadi daripada mengonsumsi produk berbahan kimia, cobalah untuk mengunyah beberapa lembar daun mint untuk menyegarkan mulut.

Cranberries
Selain bermanfaat untuk menyegarkan napas, cranberries juga mampu melawan kerusakan mulut, memperkuat gusi, dan memutihkan gigi.

Jeruk
Jeruk memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain membantu penurunan berat badan, jeruk juga akan membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan mulut dan membuat mulut menjadi segar.

Jambu biji
Saat sedang mengalami bau mulut, cobalah untuk mengonsumsi jambu biji. Selain baik untuk kesehatan mulut, jambu biji juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Bau mulut memang sangat mengganggu. Namun Anda dapat menghindarinya dengan mengonsumsi makanan sehat di atas.


Cara Mudah Merawat Gigi Dan Mulut Tanpa Dokter
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mudah Merawat Gigi Dan Mulut Alami Tanpa Dokter di blog Pusat Sepatu Flat Shoes jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template