Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Mudah dan Ampuh menghilangkan bau di sepatu

Tips Mudah dan Ampuh menghilangkan bau di sepatu :


Penyebab timbulnya bau pada sepatu

Sebelum kita mengulas bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu, ada baiknya kita mengetahui apa penyebab timbulnya bau tidak sedap tersebut. Bau tidak sedap tersebut timbul dikarenakan oleh adanya bakteri yang berkembang didalam sepatu. Dengan mempelajari sifat-sifat bakteri, mereka paling senang berkembang di daerah atau di tempat gelap dan lembab. Perkembangan bakteri tersebut akan didukung dengan kebiasaan buruk kita dalam memperlakukan sepatu dan bagaimana cara kita menggunakan sepatu tersebut. Seperti misalnya jika kaki kita masih basah dan memaksakan untuk memakai sepatu. Atau malas untuk menjemur dan mengangin-anginkan sepatu sesaat setelah digunakan untuk kegiatan olahraga. Dengan kondisi ini maka sepatu anda akan menjadi sebuah habitat yang sangat sempurna untuk terjadinya populasi bakteri tersebut.
Maka jika sepatu anda sudah terlanjur mengeluarkan bau tidak sedap, satu-satunya hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan melakukan special treatment terhadap sepatu tersebut agar bakteri yang sudah terlanjur berkembang biak dalam sepatu itu menjadi mati dan tidak menimbulkan bau lagi.

Jemur dan angin-anginkan sepatu

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menjemur dan mengangin-anginkan sepatu tersebut. Dengan melakukan cara ini diharapkan akan terjadi sirkulasi udara segar yang akan menggantikan bau tidak sedap di dalam sepatu. Kerjakan langkah ini dengan meletakkan sepatu ditempat terbuka dan terkena sinar matahari, agar bakteri yang ada didalam sepatu tersebut mati karena  terpapar oleh sinar matahari. Dan jika memang diperlukan lepaskan sol dalam sepatu agar proses penjemuran lebih maksimal. Namun, cara ini adalah cara yang paling sederhana dimana kondisi bakteri belum terlalu banyak berkembang dalam sepatu.

Masukkan gumpalan kertas koran ke dalam sepatu

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengambil kertas koran bekas, remas-remas agar menjadi sebuah gumpalan lalu masukkan kedalam sepatu. Diamkan beberapa saat maka kertas koran tersebut akan menyerap bau tidak sedap dalam sepatu tersebut. Adapun langkah ini adalah cara yang masih termasuk dalam cara sederhana dan kondisi bakteri belum terlalu banyak berkembang. Tidak jauh beda dengan cara pertama, hanya saja perbedaannya terletak pada perlakuan terhadap material sepatu yang di treament mengingat ada beberapa bahan sepatu yang akan rusak jika terpapar oleh sinar matahari langsung. Maka berhati-hatilah dalam melakukan treatment ini. Mungkin anda bisa mengenali terlebih dahulu tentang kondisi dan bahan sepatu tersebut.
koran-hilangkan-bau-sepatu

Masukkan kopi ke dalam sepatu

Cara ketiga ini mungkin terdengar aneh. Anda bisa memasukkan bubuk kopi kedalam sepatu. Atur sedemikian rupa agar kopi tidak mengotori sepatu anda. Mungkin anda bisa membungkusnya dengan kertas tisue lalu memasukkannya ke dalam sepatu. Diamkan beberapa saat maka kopi akan menyerap bau tidak sedap tersebut.

Masukkan Silica Gel ke dalam sepatu

Cara keempat ini sepertinya sudah umum dan sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu dengan memasukkan silica gel ke dalam sepatu. Biasanya disetiap paket penjualan sepatu selalu disertakan silica gel didalam box nya. Simpanlah silica gel tersebut, karena suatu saat bisa anda gunakan untuk melakukan hal penting seperti contohnya hal yang satu ini. Silica gel ternyata juga mampu menghilangkan bau tidak sedap dalam sepatu disamping karena fungsinya untuk menjaga kelembaban. Cukup masukkan silica gelnya kedalam sepatu, dan biarkan dia bekerja. Maka bau busuk tersebut akan hilang.
silica-gel-packets

Masukkan sepatu kedalam freezer

Cara kelima mungkin terdengar sedikit agak ekstrim karena akan melibatkan peralatan rumah tangga yang sangat vital. Peralatan rumah tangga tersebut adalah lemari es. Lebih tepat lagi adalah freezer dalam lemari es.  Maka lalukanlah langkah ini dengan sebaik-baiknya. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan plastik zipper lock lalu masukkan sepatu kedalamnya. Atau jika plastick zipper lock tresebut susah ditemukan, anda bisa menggunakan  kantong plastik apapun asal nantinya kantong tersebut bisa ditutup rapat agar bau sepatu tidak mencemari seluruh isi lemari es. Setelah itu masukkanlah sepatu yang sudah dibungkas kantong plastik ke dalam freezer. Udara dingin didalam freezer akan membunuh bakteri-bakteri yang ada dalam sepatu. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuat sepatu yang sempit menjadi pas di kaki kita. Anda bisa membacanya disini.

Cuci sepatu

Cara terakhir adalah dengan mencuci sepatu tersebut dengan lembut dan hati-hati. Cara ini adalah cara paling akhir karena sebenarnya cara ini tidak direkomendasikan karena beberapa sebab. Selain karena ada beberapa material sepatu yang justru akan rusak jika dicuci, apabila proses pencucian tidak dilakukan dengan benar justru akan meninggalkan noda bercak pada sepatu.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Mudah dan Ampuh menghilangkan bau di sepatu di blog Pusat Sepatu Flat Shoes jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template