Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mudah Mencuci Karpet Anda Tanpa Jasa Laundry

 http://umkmjogja.com/wp-content/uploads/2013/10/Peluang-Usaha-Jasa-Cuci-Karpet-Kilat.jpg
Cara Mudah Mencuci Karpet Anda Tanpa Jasa Laundry By Zadzan.Com - Karpet merupakan alat dan sekaligus hiasan untuk melapisi lantai agar memiliki penampilan yang indahdan memancarkan kemewahan melalui warna dan motif yang dipilih. Tapi keindahan ini sungguh tidak akan berarti jika karpet tersebuh tidak terawat dan bau. Justru keindahan yang sesungguhnya adalah karpet tersebut mengeluarkan harum yang santai dengan kondisi karpet yang tertata apik dengan motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan properti yang ada di dalam interior rumah anda.

Adapun cara mencuci karpet dengan menggunakan air ini dapat anda lakukan sesuai dengan langkah langkah sebagai berikut :

Cara Pencucian Karpet Secara Manual :
  1. Gelar karpet dilantai, lalu sedot atau hilangkan debu-debunya dengan menggunakan mesin vacuum cleaner. Sebaiknya gunakan mesin vacuum cleaner jenis wet & dry, sehingga bisa digunakan untuk menyedot debu dan sekaligus bisa digunakan juga untuk menyedot air.
  2. Setelah debu hilang, bentangkan karpet dengan cara digantung di tempat jemuran yang terbuat dari bambu atau pipa besi dengan diberi penyangga yang cukup kuat, atau Boleh juga dengan cara tetap digelar dilantai.
  3. Semprot karpet dengan air dingin. Akan lebih baik jika menggunakan alat penyemprot yang bertekanan, seperti yang biasa dipakai untuk mencuci mobil atau motor, agar kotoran dan debunya dapat lebih maksimal dikeluarkan.
  4. Selanjutnya gunakan sabun atau deterjen yang biasa dipakai mencuci pakaian. Namun jika menginginkan memakai shampo karpet, juga tidak ada salahnya.
  5. Sikat dengan tangan atau sikat yang bertangkai dengan lembut di bagian karpet yang kotor. Jangan menyikat terlalu keras supaya bulunya tidak rontok.
  6. Setelah bersih, lakukan pembilasan dengan semprotan yang tidak keras (lembut), dan biarkan air membawa semua kotoran dari karpet. Ulangi pembilasan ini, sampai karpet bersih dari sabun dan kotoran-kotorannya.
  7. Beri pelembut (softener) dengan cara di larutkan dengan air dingin secukupnya, sesuai kebutuhan.
  8. Keringkan karpet dengan cara digantung di angin-angin di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari agar bulu karpet tidak kasar, namun sirkulasi udaranya cukup baik, supaya karpet tidak bau.
  9. Setelah karpet kering taburi dengan baking soda atau soda kue (untuk menghilangkan bau sekaligus menyerap lembab). Biarkan beberapa saat kemudian bersihkan baking soda tadi dengan cara disedot mesin vacuum cleaner sampai bersih.
  10. Bangunkan kembali bulu-bulunya (jika dianggap perlu) dengan cara menyikat-nyikatnya dengan sikat tangan plastik dengan lembut.
  11. Gulung atau lipat karpet sesuai standar yang telah ditetapkan, kemudian masukkan kedalam kantong plastik pembungkus agar tidak kotor terkena debu. Semprotkan parfum (jika perlu), sebelum plastik pembungkusnya ditutup.
Cara Pencucian Karpet Dengan Mesin Cuci Khusus :
  1. Gelar karpet dilantai, lalu sedot atau hilangkan debu-debunya dengan menggunakan mesin vacuum cleaner.
  2. Masukkan karpet kedalam mesin cuci, dan lakukan proses pencuci biasa dan dengan jenis chemical yang sama seperti mencuci pakaian yang berwarna terang. Jangan lupa diberi pelembut (softener) secukupnya sebelum diperas. Persingkat waktu pemerasan akhir (final extract).
  3. Keluarkan karpet dari mesin cuci dan gantung di tempat jemuran di angin-angin di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari agar bulu karpet tidak kasar, namun sirkulasi udaranya cukup baik, supaya karpet tidak bau.
  4. Setelah karpet kering taburi dengan baking soda atau soda kue (untuk menghilangkan bau sekaligus menyerap lembab). Biarkan beberapa saat kemudian bersihkan baking soda tadi dengan cara disedot mesin vacuum cleaner sampai bersih.
  5. Bangunkan kembali bulu-bulunya (jika dianggap perlu) dengan cara menyikat-nyikatnya dengan sikat tangan plastik dengan lembut.
  6. Gulung atau lipat karpet sesuai standar yang telah ditetapkan, kemudian masukkan kedalam kantong plastik pembungkus agar tidak kotor terkena debu. Semprotkan parfum (jika perlu), sebelum plastik pembungkusnya ditutup.
 Cara Mudah Mencuci Karpet Anda Tanpa Jasa Laundry :

  • Pertama, sebelum mencuci bersihkan terlebih dahulu karpet tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner sehingga debu debu akan dapat terangkat dengan sempurna dan kebanyakan endapan kotoran yang menempel di karpet adalah endapan debu.
  • Kedua, bentangkan karpet pada jemuran gantung atau tempat khusus untuk menggantung pakaian berat sehingga air akan mudah mengalir pada saat pencucian karena jika anda mencuci karpet dengan cara digelar akan mengakibatkan air tergenang dan hal ini akan menjadikan lem karpet mudah rusak.
  • Ketiga, jika sudah dibentangkan dengan sempurna dan kuat mulailah membersihkannya dengan menggunakan penyemprot air. Penggunaan penyemprot air ini dilakukan agar tekanan air lebih kuat meraksuk kedalam sela sela serat karpet.
  • Keempat, setelah karpet merata terbasahi air, selanjutnya adalah proses pembersihan dengan menggunakan sabun khusus untuk mencuci karpet atau shampo karpet. Tapi jika tidak ada, alternatifnya adalah dengan menggunakan sabun yang lembut atau mengguankan sabun bayi dengan menggunakan sikat karpet yang lembut dan jangan melakukannya dengan sangat keras karena dapat merusak tekstur karpet.
  • Kelima, jika seluruh permukaan karpet telah dibersihkan selanjutnya bilas dengan air dan disemprotkan dengan tekanan lebih lembut sehingga air dapat mengalir dengan baik dan mengangkut kotoran yang ada di dalam karpet.
  • Keenam, keringkan karpet pada suhu panas yang secukupnya, jangan terlalu panas karena dapat mengakibatkan bulu karpet menjadi keras namun tetap memiliki suhu yang cukup sehingga karpet dapat kering dalam satu hari.
  • Ketujuh, setelah karpet kering, gelar lagi di lantai dan taburi baking soda secukupnya dengan cara mencipratkan pada permukaan karpet ini untuk menghilangkan bau dan setelah 30 menit bersihkan lagi dengan menggunakan vacuum cleaner.
  • Kedelapan, jika karpet tersebut tidak akan langsung dipasangkan lagi, maka gulung sesuai dengan struktur yang aslinya dan kemas dengan menggunakan plastik agar karpet tidak terkena debu.
Sumber dari Ihsan Magazine
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mudah Mencuci Karpet Anda Tanpa Jasa Laundry di blog Pusat Sepatu Flat Shoes jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template